• Status Order
  • SMS/WA: 08788 92 92 92 1
  • Line : otomotif123.com
  • BBM : D249 BEB6
  • cs@otomotif123.com
Terpopuler:

Tips Berkendara Dalam Cuaca Hujan

24 September 2016 - Kategori Blog

musimhujanYang namanya musim hujan memang bikin orang lebih betah di rumah daripada harus keluar rumah. Apalagi kalau harus berkendara dengan sepeda motor. Setiap orang pasti akan enggan untuk keluar rumah jika cuaca sedang hujan. Akan tetapi, mengapa kita harus enggan untuk berkendara di tengah hujan demi beraktivitas jika kita sudah mempunyai persiapan yang memadai untuk itu? Oleh sebab itu, sediakanlah jas hujan motor yang memiliki bahan yang berkualitas dan model jahitan yang aman untuk menghadapi cuaca hujan.

Selain kondisi tubuh dan motor yang prima, tentu ada banyak hal lainnya yang harus dipersiapkan sebelum kita memutuskan untuk berkendara dengan motor di tengah hujan. Satu yang menjadi hal paling utama adalah kesiapan perlengkapan pendukung, seperti jas hujan motor dan jas hujan sepatu yang berkualitas. Jas hujan Axio adalah pilihan yang paling tepat. Mengapa harus memilih jas hujan Axio? Dalam memilih jas hujan motor yang paling penting harus diperhatikan adalah kualitas bahan dan jahitan. Untuk bahan sendiri tidak perlu harus terlalu tebal, yang penting pastikan bahwa bahan tersebut memang anti air (waterproof), tahan angin (windproof) dan pastikan bahwa jahitan jas hujan motor tersebut rapat dan dengan tambahan press / seal setelah dijahit. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa air hujan benar benar tidak dapat masuk melalui bagian jahitan.

Bahan jas hujan motor yang sudah terkenal tidak tembus air adalah bahan Taslan. Bahan ini tidak terlalu tebal, tidak tembus air dan angin serta kuat. Dengan bahan 2 rangkap, bagian dalam jas hujan Axio menggunakan lapisan dengan memakai bahan puring sedangkan bagian luarnya menggunakan bahan tebal Taslan yang anti air (waterproof) dan tidak tembus angin (windproof). Jas Hujan Axio juga menggunakan model jahitan Full Seam Seal (terdiri dari lapisan double seal hotpress) dan jahitan yang lebih rapi dibandingkan dengan jas hujan motor merk umum lainnya. Model jahitan ini juga memberikan hasil yang lebih rapi sehingga jas hujan Axio terlihat lebih berkualitas dan trendy, juga menjamin kualitas kerapatan jahitan agar jas hujan motor tidak tembus air.

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Jika Harus Berkendara Dalam Cuaca Hujan.

Berkendara dalam cuaca hujan memang memerlukan persiapan yang lebih matang. Selain membawa jas hujan motor yang berkualitas, berikut beberapa hal yang juga penting untuk diperhatikan agar perjalanan Anda menjadi lebih Aman dan nyaman :

  1. Pastikan kondisi ban motor Anda masih dalam level yang aman untuk dipakai. Perhatikan apakah ada retak pada pinggir permukaan ban dan apakah kembang ban masih cukup tebal.
  2. Jalan yang basah tentu akan menjadi lebih licin, jadi usahakan agar extra hati-hati. Garis putih marka jalan ataupun penanda lainnya yang ada di permukaan jalan biasanya menjadi lebih licin dibandingkan saat jalanan kering.
  3. Berkendara di musim hujanUsahakan menghindari melewati genangan air. Genangan air dapat mengurangi kontak ban dengan permukaan jalan sehingga mengurangi juga kontrol terhadap motor. Selain itu, genangan air juga berpotensi menyembunyikan lubang yang cukup dalam dan tentu sangat fatal jika ban motor Anda terperosok ke lubang tersebut secara mendadak.
  4. Saat melihat ada berkas yang seperti warna pelangi di permukaan jalan lebih baik dihindari. Sebab kemungkinan besar itu adalah bekas tumpahan oli yang tentu saja sangat licin.
  5. Saat melewati jalur rel kereta api, usahakan posisi ban berpotongan terhadap besi rel dan jangan menyamping. Besi rel terbuat dari baja dan permukaannya lebih halus daripada jalan sehingga lebih licin jika basah.
  6. Pertahankan jarak aman dengan kendaraan di depan Anda sehingga jika harus mengerem maka Anda dapat melakukannya dengan tidak mendadak. Kondisi jalan basah membuat jarak pengereman akan menjadi lebih panjang dibandingkan pada kondisi jalan yang kering.
  7. Buatlah diri Anda mudah terlihat oleh pengendara lainnya. Pakailah jas hujan motor yang memiliki lapisan scotchlight, seperti jas hujan Axio, yang lebih mudah terlihat jika terkena cahaya. Jas hujan Axio memiliki lapisan scotchlight di bagian punggung, dada dan tangan untuk menjamin keamanan waktu berkendara dimalam hari ataupun pada saat hujan deras. Jangan lupa nyalakan lampu motor Anda dan gunakan lampu tanda belok beberapa meter sebelum akan berbelok.
  8. Berkendara Dengan Jas Hujan MotorJangan mengendarai motor melewati batas kecepatan aman yang ditentukan. Jalankan motor Anda dengan kecepatan yang aman.
  9. Di musim hujan, pastikan bahwa kaca helm Anda bersih dari kotoran dan gunakan cairan pembersih kaca helm yang memiliki kandungan anti air agar air hujan dapat lebih mudah melewati permukaan kaca helm. Berkendara di tengah hujan deras sudah cukup menguras konsentrasi, jadi jangan lagi ditambahkan oleh kaca helm yang buram karena kotor dan terkena air hujan.
  10. Usahakan tetap relaks dan menikmati perjalanan Anda. Jika persiapan Anda sudah cukup matang maka walaupun harus berkendara dengan motor di tengah cuaca hujan akan tetap terasa nyaman dan menyenangkan.

, , ,